Perusahaan

A.        Perusahaan adalah suatu kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat,  mendistribusikan serta melakukan upaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.
Contoh perusahaan property;
           Agung Podomoro land Tbk (APL)
Alam Sutra Reality Tbk (ASRI)

Contoh perusahaan manufaktur;
Arwana Citra Mulia Tbk (ARNA)
Asahimas Flat Glass  Tbk (AMFG)

Lingkungan perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat jadi untuk mencapai keuntungan maksimal dan juga mempunyai tujuan membuka kesempatan kerja, pertimbangan politik dan upaya pengabdian kepada masyarakat.

Contoh lingkungan perusahaan eksternal :
Supplier
Hasil-hasil produksi ke konsumen

Contoh lingkungan perusahaan internal :
Letak perusahaan
Tempat kedudukan perusahaan 

B. Perbedaan perusahaan dan Lembaga sosial
Perbedaan
Perusahaan
Lembaga Sosial
Sifat
Komersil
Sukarela
Tujuan
Keuntungan sebesar-besar
Keteraturan hidup
Jenis-jenis
Dagang, jasa, manufaktur
KUA, SMA/SMP/SD
Kegiatan
Memproduksi barang dan jasa
Aktivitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

C.           Letak dan tempat kedudukan perusahaan merupakan salah satu faktor penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan  perusahaan.

Letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik/pabrik. Letak perusahaan dipengaruhi faktor ekonomi dan menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya. Jenis letak perusahaan ada 4 yaitu; terikat keadaan alam, terikat sejarah, terikat oleh pemerintah, dan dipengaruhi faktor ekonomi

Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut, tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan Lembaga-lembaga lain, seperti Lembaga pemerintah, lembaha keuangan, pelanggan dan sebagainya.


D. perbedaan lingkungan eksternal makro dan mikro
Perbedaan
Lingkungan eksternal makro
Lingkungan eksternal mikro

Pengertian
Lingkungan eksternal yang tidak langsung memberi pengaruh terhadap dunia usaha
Lingkungan eksternal yang memberi kontribusi yang langsung terhadap kegiatan dunia usaha

Meliputi
Keadaan alam, Pendidikan, teknologi, kebudayaan, social, ekonomi, hubungan internasional.
Pesaing, konsumen, stokis, Lembaga pengatur dan pemerintah, serta rekan usaha
Contoh;
Lingkungan eksternal makro :
Dunia usaha turut serta meningkatkan perekonomian masyarakat sebab faktor-faktor produksi yang mereka serahkan dibayar oleh dunia usaha. Adanya taraf kehidupan menyebabkan permintaan akan hasil-hasil produksi dari dunia usaha juga meningkat. Hal ini berarti pula bahwa kegiatan dunia usaha tetap berlangsung bahkan semakin berkembang
Lingkungan Eksternal mikro :
Kelangsungan hidup dari penyediaan bahan mentah sangat tergantung pada kegiatan dunia usaha, sebab dunia usaha membutuhkan bahan mentah untuk menghasilkan alat pemuas. Dengan kelancaran kegiatan dunia usaha berarti pula dibutuhkan bahan mentah yang lebih banyak.

References

bordi. (2014, desember 22). tempat kedudukan dan letak perusahaan. Retrieved from www.bordicamp.wordpress.com: https://bordicamp.wordpress.com/2014/12/22/tempat-kedudukan-dan-letak-perusahaan/
bungadia, s. (2010, oktober 8). perbedaan antara perusahaan dan lembaga sosial. Retrieved from www.sitabungadia.wordpress.com: https://sitabungadia.wordpress.com/2010/10/08/perbedaan-antara-perusahaan-dan-lembaga-sosial/

Vanny. (2013, november 28). Manajamen eksternal mikro dan makro. Retrieved from www.vannynaa.wordpress.com: https://vannynaa.wordpress.com/2013/11/28/tugas-softskill-manajemen-eksternal-mikro-dan-makro/

Komentar

Postingan Populer