Pasar
Waralaba
|
:
|
Bentuk kerjasama bisnis atau usaha dengan memakai
prinsip kemitraan, sebuah perusahaan yang sudah mapan baik itu dari segi sistem
manajemennya, keuangannya maupun dari marketingnya serta adanya merek dari
produk perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, dengan perusahaan
ataupun individu yang memakai merek dari produk maupun sistem tersebut.
|
Pasar
|
:
|
Tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan
transaksi jual beli barang atau jasa
|
Harga
|
:
|
Suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang
atau barang lain untuk manfaat dari suatu barang atau jasa bagi seseorang
atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Istilah ini digunakan
untuk memberikan nilai finansial pada suatu produk barang atau jasa
|
Marketing Mix
|
:
|
Salah satu strategi pemasaran yang menggabungkan
elemen-elemen di dalam marketing mix itu sendiri yang kita jalankan secara
terpadu.
|
Menurut pendapat saya, mengapa masalah
harga dapat memberikan dorongan bagi pengusaha/produsen untuk membuat barang
adalah karena tujuan utama seorang pengusaha adalah mencari keuntungan sebesar-besarnya,
sehingga ketika bahan baku membuat suatu barang menurun tetapi harga produk
ketika dipasaran meningkat menimbulkan keinginan produsen untuk mendapatkan laba
yang lebih besar. ketika harga produk yang ditawarkan mengalami peningkatan
maka produk yang ditawarkan oleh produsen semakin meningkat pula. Begitu juga
sebaliknya, apabila harga produk suatu barang menurun maka produk yang akan
ditawarkan oleh produsen mengalami penurunan. Misalnya, jika roti isi senilai Rp.5.000,00
dijual sebanyak 50 buah, kemudian mengalami peningkatan harga menjadi Rp.7.000,00
maka jumlah roti isi yang dijual meningkat menjadi lebih banyak daripada jumlah
awal. Hal ini sudah biasa terjadi, ketika harga mengalami kenaikan, maka
produsen akan melakukan penambahan produk yang ditawarkan.
Menurut pendapat saya harga dapat mempengaruhi konsumen
dalam menetapkan keputusan pembelian. Karena pada dasarnya konsumen lebih
sering melakukan membandingkan produk satu dengan produk yang lain. Apabila terjadi
kenaikan harga pada suatu produk menimbulkan pola pikir untuk mencari pengganti
produk lain ( mencari alternative ) yang setara kegunaan serta kualitasnya dengan
harga yang lebih rendah. Konsumen bisa memutuskan untuk membeli barang primer dahulu, dan mengenyampingkan kebutuhan sekunder. Oleh
karena itu sudah menjadi hal yang umum jika konsumen banyak yang mencari promosi-promosi
dari suatu barang yang sedang mengalami potongan harga. Misalnya, ketika harga
daging sapi melonjak tinggi maka para konsumen cenderung mencari jalan alternative
yaitu dengan menggantinya dengan daging ayam yang jika dibandingkan harganya
lebih murah dibandingkan daging sapi.
Franchising
Lokal
|
Franchising
Asing
|
CFC
|
Zara
|
Indomaret
|
Starbucks
|
212 mart
|
Dunkin Donuts
|
Warung upnormal
|
KFC
|
Alfamart
|
McDonald
|
References
G, W. (2015,
Oktober 30). Pengertian Marketing Mix dan Cara Penerapannya Dalam Bisnis.
Retrieved from www.meetechno.com:
http://www.meetechno.com/pengertian-marketing-mix/
N, S. (2015,
Agustus 29). Pengertian waralaba dan contohnya. Retrieved from
www.pengertianku.net:
http://www.pengertianku.net/2015/08/pengertian-waralaba-dan-contohnya.html
Wikipedia. (2018,
november 21). Pasar. Retrieved from id.wikipedia.org:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar
Wikipedia.
(n.d.). Harga. Retrieved from id.wikipedia.org:
https://id.wikipedia.org/wiki/Harga
Komentar
Posting Komentar